Bagaimana Penggunaan Bahasa Dalam Karya Ilmiah ?

Latihan Soal - Kali ini kita akan membahas soal Bagaimana Penggunaan Bahasa Dalam Karya Ilmiah ? yang tentu saja cukup menarik untuk kita bahas. Simak dan pahami, pembahasan soal tersebut.

Bagaimana penggunaan bahasa dalam karya ilmiah ?

Jawaban 1:

Karya ilmiah adalah karya sastra yang diciptakan dengan penulisan terkait metode-metode ilmiah pada masalah sehari-hari. Karya ilmiah mengandung data, fakta, kesimpulan, dan pemecahan masalah. Karya ilmiah ditulis secara rapi dan runtut. Pembahasan Ciri-Ciri Karya Ilmiah

  • Logis
Semua gagasan dan pemikiran yang dapat diterima melalui akal sehat.
  • Sistematis
Semua hal yang dituliskan disusun secara runtut disertai penjelasan yang baik.
  • Objektif (Fakta)
Semua informasi yang tersajikan adalah fakta yang benar-benar terjadi.
  • Tuntas dan menyeluruh
Topik atau bahasan permasalahan dilakukan penelitian secara menyeluruh.
  • Seksama
Disusun dengan teliti dan berusaha terhindar dari berbagai kesalahan penulisan dan pemecahan masalah.
  • Jelas
Hal-hal tentang masalah, pemecahan, fakta dan sebagainya ditulis secara jelas dan bahasa yang mudah dipahami.
  • Kebenarannya dapat teruji
  • Terbuka
Terbuka terhadap pendapat lain atau hasil berbeda yang lebih efektif.
  • Berlaku umum
  • Pemecahan masalah bersifat menyeluruhi semua masalah.
  • Menggunakan EYD dan bahasa yang baku
Tujuan Karya Ilmiah
  1. Memberikan pemecahan terhadap suatu permasalahan yang di teliti.
  2. Memberikan keterangan dan pengetahuan tambahan terkait tema permasalahan yang diangkat.
  3. Melatih seseorang menulis karya tulis ilmiah secara baik dan benar sesuai struktur.
  4. Melatih kemampuan berfikir logis bagi penulis dan pembacanya.
  5. Memiliki tujuan tertentu.
Syarat-Syarat Karya Ilmiah
  • Komunikatif, artinya penjelasan yang di cantumkan dapat di pahami pembaca dengan mudah.
  • Bernalar, artinya tulisan dan bahasannya dapat masuk di akal sehat secara logis.
  • Ekonomis, artinya kata atau kalimat yang digunakan tidak bertele-tele dan padat makna.
  • Berdasarkan landasan teori yang kuat, artinya karya ilmiah didasarkan pada rujukan teori-teori tertentu yang sudah ada.
  • Tulisan sesuai dengan tema karya, artinya tulisan ilmiah hanya membahas seputar ilmu yang disesuaikan dengan tema.
  • Memiliki sumber penopang mutakhir, artinya memiliki percobaan dan teori terbaru.
  • Bertanggung jawab terhadap kebenaran isi karya ilmiah.
Ragam Bahasa Karya Ilmiah
  1. Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku. Penulisannya disesuaikan dengan EYD.
  2. Menggunakan istilah-istilah ilmiah yang relevan dengan bahasan karya ilmiah.
  3. Memilih kalimat yang efektif, sehingga dapat menyampaikan gagasan secara singkat dan jelas.
  4. Hubungan setiap masalah, penyelesaian, pencegahan dan sebagainya saling berkesinambungan.
  5. Hindari berbahasa ambigu atau memiliki pengertian lain sehingga sulit dipahami.
  6. Menggunakan kalimat pasif dari kalimat aktif.
  7. Konsisten terhadap tema yang dibahas, juga dengan hal yang dituliskan dari awal hingga akhir.
Struktur Karya Ilmiah
  • Pendahuluan
Pendahuluan berisi bahasan masalah, teknik-teknik ilmiah, dan penyelesaian serta pencegahan masalah yang dituliskan secara singkat dan padat.
  • Isi dan Pembahasan
Bagian isi dan pembahasan dipecah menjadi beberapa bab dan sub-bab. Jumlah bab dan sub-bab disesuaikan dengan bahasan-bahasan yang relevan dengan tema karya ilmiah.
  • Kesimpulan
Berisi hasil dari proses pengamatan dan penelitian terhadap masalah yang diberikan, bisa juga disebut sebagai penulisan penyelesaian masalah yang dibahas. Bagian kesimpulan disampaikan secara singkat dan padat. Pelajari Lebih Lanjut
  • Kerangka karya ilmiah : brainly.co.id/tugas/21052917
  • Definisi karya ilmiah : brainly.co.id/tugas/1224445
Detil Jawaban Mapel : Bahasa Indonesia Kelas : XII Bab : 2 Materi : Pendidikan Kode Kategorisasi : 12.11.2 Kata Kunci : Karya Ilmiah ≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡ #OptiTeamCompetition


Pertanyaan Terkait

Sebutkan unsur-unsur proposal

Jawaban 1:

Unsur-unsur proposal yaitu :Pendahuluan

  1. Latar belakang
  2. Rumusan masalah
  3. Maksud dan tujuan
  4. Sasaran
Isi/Pembahasan
  1. Teknik pelaksanaan
  2. Jadwal pelaksanaan
  3. Anggaran
  4. Susunan kepanitiaan
PenutupPembahasanProposal adalah sebuah dokumen yang ditujukan kepada lembaga tertentu yang bertujuan untuk menyelenggarakan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Proposal biasanya digunakan untuk menyampaikan kepada pihak yang dituju bahwa akan diadakan kegiatan yang melibatkan pihak tersebut atau biasanya lembaga yang berada di atas.Proposal dibuat agar menjadi bukti bahwa kegiatan tersebut akan dilaksanakan dan sesuai dengan prosedur yang sudah ada. Proposal sebaiknya sudah menjadi model kegiatan yang akan dilaksanakan dan menjadi acuan apa saja yang dibutuhkan selama kegiatan berlangsung. Proposal penting untuk dibuat mengingat banyak manfaatnya dan bisa menjadi patokan dalam memperkirakan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.Pelajari lebih lanjut1. Kegunaan proposal : brainly.co.id/tugas/213594702. Perbedaan proposal : brainly.co.id/tugas/142277093. Unsur proposal penelitian : brainly.co.id/tugas/14878457Detil jawabanKelas: 11Mapel: B. IndonesiaBab: Bab 3 - Karya IlmiahKode: 11.1.3Kata kunci: proposal, unsur, kegiatan


Mengapa peristiwa yang menyedihkan tidak terlupakan?

makasiih :)

Jawaban 1:

Karena kenangan tersebut  tertanam di hati kita. jika ingin melupakan sebaiknya pikirkan yang lain yang lebih positif. itu adalah cara yang paling baik untuk melupakan kenangan buruk kita. perlahan namun pasti ^^

Jawaban 2:

Karena peristiwa yg menyedihkan juga meninggalkan kenangan yg menyedihkan pula


seandainya krisis dimaknai sebagai saat terjadinya ketidakpuasan atau kejanggalan,ketidakpuasan atau kejanggalan tentang apa yang dimaksud ?

Jawaban 1:

Krisis dalam cerita apa ? anekdot atau gimana ? :)


Teks eksplanasi tentang teknologi tepat guna dapat meningkatkan taraf hidup

Jawaban 1:

 teknologi tepat guna dapat meningkatkan taraf  hidup dengan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin agar dapat dimanfaatkan
   dengan cara tersebut teknologi tidak hanya digunakan untuk sembarangan 6tetapi dapat dimanfaatkan dengan peningkatan taraf hidup


Siapa yang diuntungkan dari pelaksanaan negosiasi

Jawaban 1:

Halo  Novyanggrai!

Negosiasi adalah suatu proses dimana kedua belah pihak atau lebih yang mempunyai kepentingan yang sama dan/atau bertentangan duduk bersama dalam suatu pertemuan/pembicaraan dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan para pihak. Alasan terjadinya negosiasi adalah karena adanya kepentingan yang berlawanan/bertentangan dan juga karena adanya kepentingan yang sama antar pihak-pihak. Tujuan negosiasi adalah untuk mencapai suatu kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak sehingga kesepakatan dapat diterima dengan baik oleh kedua belah pihak.
Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan negosiasi adalah sebagai berikut:
1.      Memastikan adanya keinginan untuk memasuki tahap negosiasi. Adanya keinginan ini menunjukkan bahwa pihak yang ingin bernegosiasi mempunyai kesamaan kepentingan.
2.      Mempersiapkan wilayah-wilayah yang berpotensi untuk dijadikan sebagai bagian dari yang akan diperjanjikan.
3.      Pihak yang akan bernegosiasi mempunyai wewenang untuk menyesuaikan posisi mereka.
4.      Pihak yang akan bernegosiasi telah menentukan posisi secara jelas.

Teknik bernegosiasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
1. Persuasif, yaitu tehnik bernegosiasi dengan membujuk untuk mencapai suatu maksud tertentu. Dengan cara ini, maka seorang negosiator berusaha meyakinkan pihak lain menerima tuntutan yang mereka inginkan.
2. Kompromi yang bersifat konstruktif/membangun, yaitu tehnik bernegosiasi dengan membuat suatu persetujuan dengan jalan damai atau saling mengurangi tuntutan. Kunci utama agar suatu negosiasi berjalan dengan sukses adalah dengan cara bernegosiasi dengan mengutamakan/menyoroti kepentingan-kepentingan yang sama dan mengesampingkan/menghindari perbedaaan/pertentangan antara pihak-pihak yang bernegosiasi.

Posisi atas hasil negosiasi yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut:
1. Menang - Menang, posisi ini menempatkan kedua belah pihak berhasil mendapatkan sebagian dari keinginan/tuntutan mereka.
2. Menang - Kalah, posisi ini menempatkan salah satu pihak berhasil mendapatkan seluruh keinginan/tuntutan mereka dan benar-benar sesuai dengan rencana yang mereka harapkan. Sementara pihak lainnya tidak mendapatkan keinginan/tuntutan mereka sama sekali, atau hanya mendapatkan sedikit sekali dari keinginan/tuntutan mereka.
3. Kalah - Memang, posisi ini adalah kebalikan dari "Menang - Kalah", yaitu posisi dimana salah satu pihak tidak mendapatkan apa-apa atas keinginan/tuntutannya, atau mendapatkan hasil yang sedikit sekali dari keinginan/tuntutannya. Sementara pihak lainnya mendapatkan seluruh keinginan/tuntutan mereka.
4. Kalah -Kalah, posisi ini menempatkan kedua belah pihak pada perundingan yang gagal mencapai kesepakatan dikarenakan pertentangan kepentingan lebih dominan daripada persamaan kepentingan pada kedua belah pihak Posisi yang paling bagus di antara keempat posisi atas hasil negosiasi di atas adalah posisi Menang-Menang, dimana posisi ini posisi ini menempatkan kedua belah pihak mendapatkan keinginan/tuntutan masing-masing pihak. Yang diuntungkan dari pelaksanaan negosiasi adalah pihak yang menang. Pihak yang menang disini adalah pihak yang berhasil mendapatkan keinginan/tuntutan yang menguntungkan pihak atau para pihak.

Sesuai posisi yang mungkin atas hasil negosiasi di atas, karena pihak yang diuntungkan dari pelaksanaan negosiasi adalah pihak yang menang, maka:
1.      Bisa saja dalam suatu negosiasi kedua belah pihak diuntungkan atas pelaksanaan negosiasi. Dalam hal ini berarti, posisi atas hasil negosiasi adalah Menang-Menang (kedua belah pihak yang bernegosiasi sama-sama menang).
2.      Bisa saja dalam suatu negosiasi hanya satu pihak diuntungkan atas pelaksanaan negosiasi. Dalam hal ini berarti, posisi atas hasil negosiasi adalah Menang-Kalah atau Kalah Menang (salah satu pihak yang bernegosiasi menang, dana pihak lain kalah).
3.      Terakhir, bisa saja dalam suatu negosiasi, dari kedua belah pihak tidak satu pihak pun yang diuntungkan atas pelaksanaan negosiasi. Dalam hal ini berarti posisi atas hasil negosiasi adalah Kalah-Kalah (kedua belah pihak yang bernegosiasi sama-sama kalah).

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.NB: Maaf apabila jawaban saya kurang rapi dikarenakan kesalahan sistem dalam situs ini yang sedang dalam perbaikan.


Lanjutan pantun dari pohon mangga  banyak  buahnya 
ditanam orang di pinggir kali

Jawaban 1:

Anak manis siapa namanya?
Wajah indah bahagia sekali


Contoh puisi untuk kesuksesan

Jawaban 1:

Kesuksesan itu...
Pedang tak bergagang
Jika tak paham maka terluka
Bila tak dicapai maka akan hilang
Kesempatan yang ada

Sukses itu...
Jangan meminta
Ciptakan suksesmu, untukmu
Belas kasih tak ada lagi
Usaha bukan sekedar doa, sayang

Dunia tak kan iba
Kita di penghujung jalan
Penantian senyap di ajang peraduan
Nasib bukan akhir cerita
Tangis bukan identitas kita
Namun harapan selalu ada

Panas bara api
Tahukah kau emosi itu?
Rasa ingin sukses
itu bukan mimpi, kawan
Cita rasa kelezatan sejukkan tawa
Damai temporer

Nilai bukan moyang segalanya
Nilai bukan akhir tangis kita
Kesuksesan bukan teman nilai
Kesuksesan itu damai di hati

Jawaban 2:

Sukses...

Ialah harapan setiap orang...
Ya...
Sukses secara definitif ialah mampu meraih apa yang dicita-citakan....
Meraih mimpi menjadi kenyataan...

Tentu, orang sukses pasti bahagia,...
Namun, orang bahagia belum tentu sukses.....

Aku ingin sukses....
Menjadi pribadi berkualitas......
Menjadi pribadi bermanfaat....
Menjadi kebanggaan....


Untuk mereka yang tersayang.......
Untuk mereka yang senantiasa mendukung aku..
Menssupport aku......
Dikala suka maupun duka..


Sukses, ialah impianku.....
Karena cinta ialah kayu bakarku.....
Yang membara menyemangati hati ini....
Untuk membuktikan...


Bahwa hidupku...
Bisa memberi manfaat bagi sekitarku.....


Bagaimana cara bernegosiasi dan apa tujuan bernegosiasi?

Jawaban 1:

Berdikusi kembali mencari jalan terbaik dalam menyelesaikan sebuah permasalahn

Jawaban 2:

Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak - pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan.
Proses Negosiasia. Pihak yang memiliki program (pihak pertama) menyampaikan maksud dengan kalimat santun, jelas, dan terinci.
b. Pihak mitra bicara menyanggah mitra bicara dengan santun dan tetap menghargai maksud pihak pertama.
c. Pemilik program mengemukakan argumentasi dengan kalimat santun dan meyakinkan mitra bicara disertai dengan alasan yang logis.
d. terjadi pembahasan dan kesepakatan terlaksananya program/ maksud negosias

Keterampilan - keterampilan dasarBerikut ini, adalah keterampilan -keterampilan dasar dalam bernegosiasi :Ketajaman pikiran / kelihaianSabarKemampuan beradaptasiDaya tahanKemampuan bersosialisasiKonsentrasiKemampuan berartikulasiMemiliki selera humor


bagaimanakah contoh teks anekdot, dan berikan contoh juga membedah struktur teks anekdot dengan baik dan benar?

Jawaban 1:

Contoh puisi anekdot :

Saat Ingin Belajar
Maksud hati ingin belajar
aku malah ambil remot tv
maksudku ingin belajar
aku malah main hp
bukannya fokus belajar
aku malah buka facebook

betapa susahnya belajar
menonton yv tiga jam aku kuat
membaca sebentar aku mengantuk
main hp berjam - jam aku sanggup
membaca buku aku lambaikan tangan

mengapa diriku ini ?
mengapa seakan berat lembaran buku itu?
mengapa kemajuan teknologi membuatku malas?

betapa sulitnya mematikan tv
betapa sulitnya meninggalkan hp
betapa sulitnya membuka buku


Teks pidato pro dan kontra tentang ekonomi

Jawaban 1:

Mengenai Pro: Sekarang kita telah berjaya, berbagai sektor telah menambah penghasilan negara kita. Kita telah makmur. Swasembada tahun ini berhasil total. Semoga kita berjaya dan sejahtera selamanya!

Mengenai Kontra: KIta gagal, kita tidak berhasil berjaya. Namun ini bukan titik akhir. Kita masih bisa sejahtera di kemudian hari selama kita masih yakin dan berusaha untuk memajukan ekonomi kita!


Demikian pembahasan soal Bagaimana Penggunaan Bahasa Dalam Karya Ilmiah ?. Jika masih ada yang ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar atau bisa juga di menu hubungi kami