Mikroba Yang Berperan Dalam Fermentasi Metana

Latihan Soal - Kali ini kita akan membahas soal Mikroba Yang Berperan Dalam Fermentasi Metana yang tentu saja cukup menarik untuk kita bahas. Simak dan pahami, pembahasan soal tersebut.

Mikroba yang berperan dalam fermentasi metana

Jawaban 1:

Mungkin bakteri metanogen





Pertanyaan Terkait

Bagi teman-teman yang mau lebih mengetahui tentang pembelajaran Biologi, bisa akses biologisel.com . Biologi sel bisa dijadikan alternatif bagi teman-teman, dan di situ semua isinya tentang biologi, mulai dari materi Biologi SMP, Biologi SMa, bahkan sampai materi kuliah juga ada! Dicoba Aja. :)

Jawaban 1:

IYA .. akan saaya coba ,semoga saya lebih paham biologi ketika sudah membuka linkk itu . trimakasih atas informasinya. thx :) jugaa

Jawaban 2:

Terima kasih ya atas informasi biologisel.com nya


Alasan yang bagus buat mendukung (pro) teori evolusi darwin apa ya ?

Jawaban 1:

Darwin menggunakan analogi Jerapah berleher panjang dan jerapah berleher pendek dalam teorinya. Dia mengatakan bahwa jerapah leher pendek mati karena nda bisa mencapai ranting pohon yang tinggi. Contoh lain adalah di Eropa khususnya skandinavia orang2 cenderung bertubuh besar karena iklimnya ekstrim sehingga orang yang tidak bisa bertahan terhadap cuaca ekstrim akan tidak survive. 

Jawaban 2:

Sel DNA simpanse yang mirip ma manusia


SEBUTKAN PERBEDAAN TEORI EVOLUSI DARWIN DAN TEORI EVOLUSI LAMARCK

Jawaban 1:


PERBEDAAN NYA
teori evolusi J.B. de Lamarck :
makluk hidup akan menyesuaikan diri baik secara fisiologis maupun morfologis
makluk hidup akan beradap tasi terhadap lingkungannya, alat tubuh yang sering di gunakan akan terus berkembang, sedangkan alat tubuh yang tidak pernah di gunakan akan mereduksi, dan sifat tersebut akan di turunkan kepada keturunannya

teori evolusi Charles Darwin :
- dimuka bumi tidak ada individu yang sama, oleh karena itu sifat sifat yang di wariskan selalu bervariasi, dan akan selalu tampak perbedaan, meskipun keduanya kembar identik
- seruap populasi berkecenderungan untuk bertambah banya, hal ini karena makluk hidup memiliki kemampuan berkembang biak

teori darwin disusun daru data data hasil penelitian Charles Darwin di kepulauan Galapagos


SEMOGA MEMBANTU

Jawaban 2:

Darwin: pada dasarnya, makhluk hidup itu beranekaragam.tp karena ad seleksi alam, maka hanya spesies2 kuat (yang bisa beradaptasi tanpa perubahan morfologi maupun fisiologi) yg tetap hidup.

Lamarck: dulu makhluk hidup ya begitu2 saja, tidak terlalu beragam.tetapi karena kondisi lingkungan tertentu, maka makhluk hidup tersebut harus beradaptasi sehingga beberapa individu mengalami perubahan baik morfologi maupun fisiologi, yang kemudian menimbulkan variasi spesies baru yang labih bisa bertahan hidup.

Beda di asal mula spesiesnya. Darwin: dari awal sudah ad banyak spesies. Lamarck: pada awal hanya ad sedikit spesies.

karena ad kondisi tertentu maka,
Darwin: spesies yg bisa adaptasi (tp g ad perubahan ap2)= hidup, yg tdk bs= mati
Lamarck: spesies yg bisa adaptasi (mengalami perubahan)=hidup, yg tdk bs=mati


Dengan apa ayam bernapas

Jawaban 1:

Ayam bernapas dengan paru-paru. PEMBAHASAN Ayam merupakan jenis unggas yang tidak bisa terbang jauh. Oleh karena itu ayam mempunyai struktur pernapasan yang berbeda signifikan dengan burung yang juga unggas. Apa itu unggas? Unggas adalah termasuk hewan yang dimanfaatkan daging serta telurnya oleh manusia untuk berbagai keperluan konsumsi sehari-hari. Udara yang dihirup oleh hewan berkaki dua ini akan menuju ke paru-paru untuk diikat oksigennya. Sistem pernapasan ini didukung oleh beberapa organ seperti lubang hidung, paru-paru, kantung udara depan, dan kantung udara belakang. Pelajari lebih lanjut : • Macam-macam alat pernapasan pada hewan brainly.co.id/tugas/11114764DETIL JAWABANMapel : BiologiKelas : 7 SMPMateri : Sistem Pernapasan HewanKata Kunci : Pernapasan AyamKode Soal : 4Kode Kategorisasi : 7.4#OptitimCompetition


Apakah dalam pembuatan tapai dapat menggunakan jenis jamur yang lain?

Jawaban 1:

Mungkin kan bisa aja


Bagaimana proses evolusi kuman?

Jawaban 1:

Salah satu contoh dari proses seleksi alam dapat kita amati dari kehidupan bakteri-bakteri patogen.
Bakteri (Eubacteria), adalah organisme prokariotik bersel tunggal. Mereka berkembang biak dengan cepat sehingga mereka ber-evolusi dengan cepat juga, bahkan dalam beberapa minggu. Meskipun banyak jenis bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan manusia dan hewan, tetapi beberapa menyebabkan penyakit seperti radang tenggorokan, infeksi telinga, kerusakan gigi, dan antraks. Kita mencuci tangan kita sebelum makan untuk memastikan bahwa kita tidak memindahkan bakteri berbahaya dari tangan kita ke makanan kita, yang menyebabkan kita sakit jika termakan. 
Proses seleksi alam dari bakteri penyebab penyakit secara luas terdokumentasi. Misalnya, orang yang sakit karena bakteri penyebab penyakit dapat menjadi baik ketika diberi obat antibiotik, yang membunuh bakteri dalam tubuh orang tersebut.
Pertama kali obat digunakan, sebagian besar bakteri terbunuh, namun beberapa dari mereka masih bisa bertahan hidup, jika mereka memiliki gen atau gen yang memungkinkan mereka untuk menahan efek obat tersebut.
Jika bakteri yang selamat ini dapat bereproduksi lagi, maka bakteri generasi berikutnya akan lebih kuat untuk melawan obat antibiotik tersebut (karena berasal dari bakteri yang kebal juga). Jika obat ini digunakan lagi, bakteri akan lebih tahan terhadap obat, lebih banyak bakteri yang selamat, dan terus bereproduksi, mengakibatkan orang akan tetap sakit. Saat itulah dokter akan mencoba berbagai jenis antibiotik. Dengan harapan bakteri tidak akan beradaptasi dengan obat lain, akan mati, dan orang tersebut akan sembuh.
Namun, selama 50 tahun terakhir, dokter harus membuat antibiotik yang lebih kuat dan lebih kuat untuk menangani mikroba yang cepat ber-evolusi ini. Hari ini, strain bakteri telah berkembang dan resisten terhadap obat antibiotik, sehingga para ilmuwan selalu berusaha untuk mengembangkan obat-obatan yang lebih efektif.

Jawaban 2:

Bakteri dapat berkembang pesat jika dia berada tempat yang sangant pas


Apa penyebab kanker otak?

Jawaban 1:

Tanda dan gejala umum tumor otak atau kanker otak dapat berupa :

Muncul sakit kepala atau perubahan pola sakit kepalaSakit kepala secara bertahap menjadi makin sering dan makin parahMual atau muntah tanpa sebabMasalah penglihatan, seperti penglihatan kabur, dan lain-lainSecara bertahap hilang sensasi atau gerakan tangan atau kakiSulit menjaga keseimbanganSulit berbicaraKebingungan terhadap persoalan sehari-hariPerubahan kepribadian atau kebiasaanKejang, khususnya pada seseorang yang tidak pernah mengalami kejangMasalah pendengaran

Jawaban 2:

-radiasi yang dipancarkan oleh gadget atau komputer
-trauma yang bisa merangsang otak
-terpapar sinar radioterapi
-kanker bawaan atau genetik


Jelaskan apa yang dimaksud:
a. genotif
b. galur murni

Jawaban 1:

Yang dimaksud genotipe adalah sifat yang tidak tampak pada individu yang ditentukan oleh pasangan gen. Genotipe disimbolkan dengan huruf yang merupakan huruf pertama sifat dominan individu. Dimisalkan sifat hitam bersifat dominan, simbol genotipe nya adalah H.  Yang dimaksud galur murni adalah organisme yang apabila dilakukan penyerbukan sendiri secara berulang-ulang akan menghasilkan keturunan dengan sifat yang selalu sama. Genotipe dari individu galur murni adalah homozigot.   Pembahasan Dalam biologi, penurunan sifat dari induk kepada keturunannya disebut denga hereditas. Mekanisme pewarisan sifat mengikuti aturan-aturane tertentu disebut dengan pola-pola hereditas. Dalam pola-pola hereditas, terdapat istilah-istilah dalam mempelajarinya antara lain:

  1. Parental (P) adalah induk yang disilangkan.  
  2. Filial (F) adalah keturunan/ anakan hasil persilangan.
  3. Gamet (G) adalah sel kelamin. Dituliskan denga salah satu huruf dari genotipenya.
  4. Fenotipe adalah sifat yang tampak dari luar secara morfologi, misalnya sifat merah, besar, tinggi, dan lain-lain.
  5. Genotipe adalah sifat yang tidak tampak dari luar sehingga disimbolkan dengan huruf, misalnya merah disimbolkan dengan M, tinggi dengan T.
  6. Dominan adalah sifat yang menang dan menutupi sifat lainnya, disimbolkan dengan huruf besar.
  7. Resesif adalah sifat yang kalah dan tertutupi oleh sifat lainnya dan disimbolkan dengan huruf kecil.
  8. Intermediet adalah sifat yang sama kuat dan disimbolkan dengan huruf besar kecil.
  9. Homozigot adalah susunan gen pada organisme yang memiliki pasangan alel yang sama. Dibedakan menjadi homozigot dominan (MM, TT) dan homozigot resesif (mm, tt).
  10. Heterozigot adalah susunan gen pada organisme yang memiliki pasangan alel yang beda (Mm, Tt).
Adapun dalam persilangan terdapat individu yang bersifat galur murni. Galur muri disebut juga lini murni adalah keturunan asal satu induk yang masing-masing individu anggotanya memiliki genotipe seragam karena homozigot untuk semua lokusnya akibat penyerbukan/pembuahan sendiri yang berulang-ulang.   Untuk mengetahui bahwa suatu tanaman bergalur murni atau tidak, dapat dilakukan penyerbukan sendiri.   Galur murni selalu bergenotipe homozigot dan disimbolkan dengan dua huruf yang sama, huruf kapital semua atau huruf kecil semua. Misalnya BB (untuk sifat dominan) atau bb (untuk sifat resesif).   Karakteristik galur murni sebagai berikut:
  1. Semua individu anggota galur murni memiliki genotipe yang serupa karena berasal dari satu induk dan melalui proses pemurnian dengan pembuahan sendiri.
  2. Karena homozigot dan seragam, variasi yang tampak (fenotipe) dalam suatu galur murni akan disebabkan oleh pengaruh lingkungan sehingga tidak akan diwariskan ke keturunannya.
  3. Galur murni dapat mengalami perubahan seiring perbanyakan terus-menerus, akibat percampuran mekanik, penyerbukan silang dari populasi tetangganya (jika kontrol kurang baik dilakukan), mutasi, atau sebab-sebab lain.
Pemanfaatan galur murni:
  1. Galur murni yang unggul (superior) dapat digunakan sebagai kultivar (kelompok tumbuhan yang telah dipilih/diseleksi untuk suatu atau beberapa ciri tertentu yang khas dan dapat dibedakan secara jelas dari kelompok lainnya, serta tetap mempertahankan ciri-ciri khas jika diperbanyak dengan cara tertentu, baik secara seksual maupun aseksual).  
  2. Galur murni dapat digunakan sebagai tetua persilangan untuk mendapatkan kombinasi genetik baru dalam pembentukan kultivar baru.
  3. Karena seragam dan homozigot, galur murni digunakan untuk kajian-kajian mutasi dan penelitian di berbagai bidang, seperti imunologi, biokimia, farmasi, fisiologi, dan kedokteran.
Pelajari lebih lanjut 1. Persilangan golongan darah pada manusia: brainly.co.id/tugas/19719444 2. Pindah silang: brainly.co.id/tugas/19865129 3. Penentuan gamet: brainly.co.id/tugas/3858392 Detil Jawaban    Kelas: 3 SMA Mapel: Biologi Bab: Pola hereditas Kode: 12.4.5 Kata kunci: genotipe, galur murni


Apa saja bagian bagian dalam bakal biji tumbuhan angiospermae

Jawaban 1:

Angiospermae disebut tumbuhan berbiji tertutup karena bijinya dilindungi oleh daun buah. Angiospermae mempunyai pigmen fotosintesis berupa klorofil dan pati sebagai cadangan makanannya. Pada tumbuhan ini juga dijumpai xilem dan floem.
Pada Angiospermae terjadi pergiliran keturunan antara generasi sporofit dan gametofit. Generasi sporofit bersifat dominan, ukurannya lebih besar dan masa hidupnya lebih lama. Generasi gametofit tereduksi, ukurannya kecil, masa hidupnya lebih singkat dan bergantung pada generasi sporofit. Gametofit jantan yang belum dewasa berupa serbuk sari yang berkembang di dalam kepala sari. Gametofit betina terdiri atas embrio yang terdiri atas beberapa sel.
Angiospermae memiliki bungan yang berperan dalam adaptasi reproduksi. Pada bunga terdapat daun kelopak, daun mahkota, benang sari dan putik. Daun kelopak berfungsi untuk melindungi bunga, daun mahkota berfungsi sebagai penarik serangga penyerbuk, benang sari menghasilkan mikrospora yang berkembang menjadi serbuk sari dan selanjutnya akan menghasilkan sperma. Di dalam putik terdapat bakal biji yang mengandung megaspora. Pada sebagian besar Angiospermae megaspora membelah secara mitosis tiga kali untuk membentuk delapan nukleus haploid dalam tujuh sel, salah satu di antaranya adalah sel telur.
Penyerbukan pada angiospermae terjadi bila serbuk sari sampai ke kepala putik. Proses ini dapat terjadi dengan bantuan angin, hewan penyerbuk atau manusia. Ciri yang khas pada kelompok tumbuhan ini adalah proses pembuahan ganda. Pertama antara sel telur dan sperma, hasil fusi keduanya akan menghasilkan zigot. Kedua, antara sperma dan sel induk endospermae, hasil fusi keduanya menghasilkan endosperma. Untuk pertumbuhannya, embrio memerlukan zat makanan. Zat ini diperoleh dari endosperma atau dari kotiledon.
Setelah terjadi proses pembuahan yang menghasilkan zigot dan endosperma di dalam bakal biji, maka bakal biji tersebut akan berkembang menjadi biji, sedangkan bakal buah yang mengandung biji akan berkembang menjadi buah.

Jawaban 2:

Hanya biji dan daging buah


Ciri-ciri filum Echinodermata?

Jawaban 1:

1.     Memiliki tiga lapisan embrional (triploblastik)
2.     Simetri tubuh bilateral pada fase larva dan radial pada fase dewasa
3.     Terdapat pembagian tubuh anterior dan posterior
4.     Euselomata / selomata
5.     Tidak memiliki segmen tubuh
6.     Sistem pencernaan sempurna, ada beberapa jenis yang tidak memiliki anus

Jawaban 2:

-kerangka kalsit terdiri dari banyak tulang kecil
-menggunakan sistem vakulsar air
-kolagen jaringan dapat berubah
-tumbuh pentraradial ketika dewasa
-habitat di laut


Demikian pembahasan soal Mikroba Yang Berperan Dalam Fermentasi Metana. Jika masih ada yang ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar atau bisa juga di menu hubungi kami